Kamis, 04 Februari 2010

TAMAN WISATA ALAM (TWA) BATAM

Dasar hukum, letak dan luas

TWA Batam ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan No. 47/Kpts-II/1987 tanggal 24 Pebruari 1987 dengan luas 4.933 Ha.

Secara geografis Taman Wisata Alam Batam terletak pada 059-0112 Lintang Utara dan 103530"-104830" Bujur Timur. Sedangkan secara administratif termasuk Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Muka Kuning, Kotamadya Batam, Propinsi Riau.

Potensi sumber daya alam

a. Topografi

Pada umumnya kondisi lapangan kawasan TWA Batam merupakan areal perbukitan dengan topografi sebagian besar curam dan sebagian kecil datar bergelombang.

b. Iklim

Berdasarkan klasifikasi Schmidt dan Ferguson TWA Batam termasuk ke dalam klasifikasi type A dengan curah hujan rata-rata pertahun 1.822 s/d 3.801 mm. Suhu udara minimum 21C, maksimum 31,6C dengan kelembaban berkisar antara 85-88%.

c. Flora

Keadaan vegetasi di areal TWA Batam ditumbuhi beberapa jenis pohon antara lain Bitangur (Calophyllum, spp.), Tiup (Adinandra dumosa), Riang (Tetratmeristra sp.), Terentang (Campnosperma auriculata), Manggis- manggisan (Garcinia spp.), Meranti (Shorea spp.) dan lain sebagainya.

d. Fauna

Beberapa jenis satwa yang dapat dijumpai antara lain Lutung (Presbytis cristata), Babi hutan (Sus scrafa), Napu (Tragulus napu) dan berbagai jenis burung seperti Tiyung (Gracula religiasa), Raja udang (Halcyon concreta), Elang (Haliatus leucogaster) dan lain sebagainya.

Potensi wisata alam

Di samping keadaan alamnya sendiri yang potensial sebagai tempat wisata juga terdapat beberapa obyek yang dapat dinikmati, antara lain : sumber air, air terjun "Danau Bidadari", Waduk Ladi, Tugu Prasasti Presiden Soeharto, dan panorama alam hutan.

Kegiatan wisata alam yang dapat dilakukan

Beberapa kegiatan wisata yang dapat dilakukan antara lain : lintas alam, berkemah di sekitar waduk dan memancing.

Sarana kemudahan dan pelayanan

Hingga saat ini belum ada fasilitas penunjang dalam rangka kegiatan pariwisata alam.

Pencapaian ke lokasi

TWA Batam dapat dicapai dari Pekan Baru menggunakan kapal laut menuju Pulau Batam dari Pulau Batam memakai kendaraan darat (taksi).

Peluang usaha yang dapat dikembangkan

Peluang usaha yang dapat dikembangkan di TWA Batam antara lain : usaha jasa pemandu wisata, usaha jasa akomodasi, dan usaha jasa sarana boga.(sumber :www.dephut.go.id )

0 komentar:

Posting Komentar